Jumat, 12 Oktober 2012

ARTIKEL TIK


Pengertian handphone

Sebuah ponsel, ponsel atau hand phone adalah perangkat elektronik yang digunakan untuk membuat panggilan telepon seluler di seluruh wilayah geografis yang luas, dilayani oleh sel masyarakat banyak, yang memungkinkan pengguna untuk menjadi mobile. Sebaliknya, telepon tanpa kabel hanya digunakan dalam jangkauan stasiun, basa tunggal swasta, misalnya dalam rumah atau kantor.

Sebuah ponsel dapat membuat dan menerima panggilan telepon ke dan dari jaringan telepon umum yang mencakup ponsel lain dan telepon fixed-line di seluruh dunia. Hal ini dilakukan dengan menghubungkan ke jaringan seluler yang disediakan oleh operator jaringan mobile.

Selain telepon, ponsel modern juga mendukung berbagai macam layanan lain seperti pesan teks, MMS, email, akses internet, jarak pendek komunikasi nirkabel (inframerah, Bluetooth), aplikasi bisnis, game dan fotografi. Ponsel yang menawarkan kemampuan komputasi yang lebih umum disebut sebagai smartphone.

Genggam pertama ponsel ditunjukkan oleh Dr Martin Cooper dari Motorola pada tahun 1973, menggunakan handset seberat 2 kg [1] Pada tahun 1983,. Yang 8000X DynaTAC adalah yang pertama akan tersedia secara komersial. Dalam dua puluh tahun 1990-2010, seluruh dunia ponsel langganan tumbuh dari 12,4 juta menjadi lebih dari 4,6 miliar, menembus negara-negara berkembang dan mencapai bagian bawah piramida ekonomi

Software dan aplikasi

Aplikasi data yang paling umum digunakan pada ponsel adalah pesan teks SMS. Pesan teks SMS pertama dikirim dari komputer ke ponsel pada tahun 1992 di Inggris, sementara orang-ke-orang pertama SMS dari ponsel ke ponsel dikirim di Finlandia pada tahun 1993.

Non-SMS layanan data yang digunakan pada ponsel termasuk ponsel musik, download logo dan gambar, game, perjudian, hiburan dewasa dan iklan. Isi download mobile pertama dijual ke ponsel di Finlandia pada 1998, ketika Radiolinja (sekarang Elisa) memperkenalkan layanan download ringtone. Pada tahun 1999, Jepang operator seluler NTT DoCoMo memperkenalkan layanan internet mobile, i-Mode, yang saat ini layanan Internet bergerak terbesar di dunia.

Kantor berita mobile pertama, yang disampaikan melalui SMS, diluncurkan di Finlandia pada tahun 2000. Layanan berita mobile berkembang dengan banyak organisasi yang menyediakan "on-demand" layanan berita melalui SMS. Beberapa juga menyediakan "instan" berita didorong keluar melalui SMS.

Pembayaran mobile pertama kali dicobagunakan di Finlandia pada tahun 1998 ketika dua Coca-Cola vending machine di Espoo telah diaktifkan untuk bekerja dengan SMS pembayaran. Akhirnya, penyebaran ide dan pada tahun 1999 Filipina meluncurkan ponsel komersial pertama sistem pembayaran, pada mobile operator Globe dan Smart. Hari ini, pembayaran mobile mulai dari mobile banking untuk kartu kredit mobile mobile commerce sangat banyak digunakan di Asia dan Afrika, dan di pasar Eropa dipilih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar